Powered By Blogger

with anak-anak 86

with anak-anak 86

Kamis, 09 Desember 2010

RANCANGAN CD PEMBELAJARAN UNTUK TUGAS AKHIR

Mata Pelajaran : Pkn

Kelas : III

Semester : I

SK :

1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

KD :

1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-har

RANCANGAN

Slide yang pertama adalah judul yaitu Mengamalkan makna Sumpah Pemuda. Pada Slide selanjutnya saya akan menyajikan sebuah lagu yaitu Satu Nusa Satu bangsa. Syair lagu tersebut juga akan ditampilkan sehingga anak-anak yang mungkin belum hafal akan menjadi tau. Siswa diajak untuk menyanyikan lagu tersebut terlebih dahulu untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

Sebelum masuk ke materi untuk slide yang selanjutnya akan saya sajikan beberapa pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi atau Sumpah Pemuda, sejauh mana pemahaman anak mengenai Sumpah Pemuda. Baru pada slide selanjutnya adalah materi yaitu mengenai makna Sumpah Pemuda yang terdiri dari dua point

1. Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

2. Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari

Pada judul materi satu akan dihyperlinkkan ke dalam pokok materi, begitu juga dengan meteri kedua. Di dalam penyajian materi akan saya tambahkan dengan gambar-gambar agar dapat menambah penjelasan dari materi serta agar penyajiaannya lebih menarik.

Pada akhir slide akan ada saya sajikan beberapa pertanyaan penutup.

Pada pembuatan power point materi ini saya menggunakan hyper link, efek suara, animasi gerak, memasukkan gambar-gambar dan animasi pemunculan slide. Bentuk tulisan pun saya tidak hanya akan menggunakan bentuk huruf times new roman saja, tetapi akan saya buat bermacam-macam tipe huruf lainnya. Huruf dan background juga akan saya sesuaikan, antara warna huruf dan warna background agar tidak kontras.

Demikian rancangan awal pembuatan CD pembelajaran yang akan saya buat untuk pembuatan tugas akhir mata kuliah Teknologi Informasi dan Pembelajaran kelak, mudah-mudahan semua rancangan tersebut bisa tercapai semua walapun mungkin akan terjadi penambahan atau pengurangan dalam rencana merancang CD pembelajaran ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar