Powered By Blogger

with anak-anak 86

with anak-anak 86

Jumat, 18 Desember 2009

Paragraf Eksposisi

Bantuan untuk korban gempa Yogyakarta

Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.

Paragraf Deskripsi

Malam Hari

Malam itu, indah sekali. Di langit, bintang–bintang berkelip–kelip memancarkan cahaya. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang.

Paragraf Narasi

Suasana pernikahan Ahmad dan Mulyati

Siang itu, Sabtu pekan lalu, Ramin bermain bagus. Mula-mula ia menyodorkan sebuah kontra melodi yang hebat, lalu bergantian dengan klarinet, meniupkan garis melodi utamanya. Ramin dan tujuh kawannya berbaris seperti serdadu masuk ke tangsi, mengiringi Ahmad, mempelai pria yang akan menyunting Mulyati, gadis yang rumahnya di Perumahan Kampung Pendowo. Mereka membawakan lagu “Mars Jalan” yang dirasa tepat untuk mengantar Ahmad, sang pengantin.

Paragraf Argumentasi

Kontak Lensa

Selain keuntungan atau faktor positif pemakaian lensa kontak, memakai lensa kontak ternyata juga berisiko.Karena terhitung masih baru, banyak orang yang tak tahu risiko tersebut. Meski banyak membantu mereka yang kurang nyaman dengan kacamata, ada sejumlah penyakit yang rawan menyerang pemakai produk ini. Menurut pakar lensa kontak dari Johnson & Johnson Vision Care, Jack Chan, salah memakai lensa kontak, bisa-bisa bukan penglihatan yang terbantu, melainkan timbul penyakit. Dapat terjadi pula komplikasi yang bisa timbul akibat pemakaian lensa kontak, antara lain, noda kornea, sindrom mata kering infeksi, reaksi alergi. Oleh karena itu berhati-hatilah memakai lensa kontak jangan hanya melihat keuntungannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar